5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Berbusana

17 February 2018 - Kategori Blog

1. Menutup Aurat Secara Sempurna

Aurat bagi lelaki muslim adalah tubuh bagian atas hingga sebatas siku dan tubuh bagian bawah hingga di atas mata kaki. Sehingga kemeja lengan pendek, lengan panjang dan celana panjang yang tertutup sempurna, tidak transparan sudah dapat dikatakan memenuhi syarat awal. Sedangkan untuk wanita muslimah aurat adalah bagian dari ujung kepala hingga ujung kaki.

2. Tidak Transparan

Sebuah busana muslim baru dapat dikatakan memenuhi syarat jika terbuat dari bahan yang tidak tembus pandang. Untuk itu, gunakan bahan yang tebal namun tetap nyaman saat dikenakan.

3. Tidak Mempertontonkan Lekuk Tubuh

Berpakaian terlalu ketat hingga bentuk tubuh tergambar sedemikian rupa belum dapat dikatakan sebagai pakaian sesuai pengertian busana muslim.

4. Tidak Berlebihan

Asesoris, aksen dan detail diperkenankan pada busana muslim diusahakan ada pada batas kewajaran. Seorang muslim harus senantiasa tidak berlebihan dalam menggunakan busana.

5. Berbahan Halal

Bahan yang dikenakan dalam busana muslim adalah bahan yang halal. Tidak diperkenankan mengenakan pakaian dari sesuatu yang diharamkan misalnya kulit babi. Untuk pria muslim bahkan diharamkan mengenakan sutra kecuali keadaan memaksa.


Pengertian busana muslim sesuai syarat tersebut mengacu pada bunyi surat Al A’raf ayat 26 yaitu

“Wahai anak cucu Adam, sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutup auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian taqwa itulah yang lebih baik”.

Seorang muslim hendaknya tidak hanya mementingkan keindahan busana muslimnya semata tetapi juga menjaga agar busananya suci dari najis serta menghias diri dengan pakaian taqwa.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter